NPC : keluhan awal

masih berkaitan dengan cerita kemarin.. dan masih tentang rejeki yang sedang kami terima..

NPC inisialnya.. di istilah kedokteran dikenal dengan nama Nasopharyngeal Cancer atau Kanker Nasofaring.. berdasarkan informasi yang kami terima dari beberapa dokter yang mendampingi suami, gejala-gejalanya secara dini memang tidak terlihat.. semua seperti gejala pada penyakit yang lainnya.. dan setelah melalui pemeriksaan yang tidak sebentar akhirnya diputuskan NPC.

semua berawal sekitar bulan juli, sekitar seminggu sebelum puasa Ramadhan.. mulai kerasa nyeri yang tidak biasa di bagian pelipis sebelah kanan.. tak lama kemudian kelenjar getah bening di leher sebelah kanan membengkak.. tidak begitu terlihat sich, tp kalau rasa nyeri itu timbul kelenjar getah bening itu terlihat membesar..

dan akhirnya tepat di tanggal 1 Ramadhan, suami mulai periksa di dokter keluarga.. indikasi pertama menunjukkan tekanan darah rendah.. dan saat itu dibekali beberapa obat, namun saat itu aku ndak begitu tahu berapa jenis obat yang di konsumsi.. seminggu berselang, tekanan darah normal, obat dari dokter habis, tapi kok rasa nyeri itu timbul lagi.. akhirnya suami mencoba ke dokter keluarga yang lain.. dan ternyata setelah obat habis rasa nyeri itu ada lagi.. dan 4 sampai 5 kali bolak-balik ke dokter dan hasil yang diperoleh tetap sama, obat habis timbul lagi..

sebenarnya selain berobat ke dokter, beberapa kali suami juga sempat pijat refleksi, sampai 'dikeroki'.. biasanya kl sudah papaku turun tangan pakai terapi guasa keluhan hilang, tapi kenapa hasilnya sama saja.. nafsu makan juga berkurang.. dan selama puasa Ramadhan kemarin memang terlihat drop..

hingga akhirnya Idul Fitri tiba, keluarga pun berkumpul.. salah seorang kakak sepupu ada yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan yang akhirnya menyarankan suami untuk periksa ke THT.. saat itu kakak sepupu mengatakan indikasinya polip..

berbekal informasi dari kakak sepupu, setelah libur lebaran Idul Fitri, suami kembali ke dokter keluarga dengan maksud minta rujukan untuk periksa ke THT.. namun saat itu dokter keluarga tidak langsung memberi rujukan untuk ke THT, diperiksa di bagian hidung dan menurut dokter indikasinya bukan polip, sehingga beliau enggan memberikan rujukan dengan alasan polip.. tapi kemudian beliau menyarankan untuk tes alergi.. karena ada kecenderungan alergi pada suami.. dan sore itu suami dibekali dengan vitamin sebagai suplemen..

setelah sore nya dari dokter keluarga, ternyata malam harinya suami merasakan nyeri yang cukup lumayan.. dan akhirnya pagi hari memutuskan ke dokter THT tanpa memakai rujukan dokter keluarga.. dan proses pemeriksaan di dokter THT dimulai..
SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar