Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)


buka twitter pagi ini yang pertama muncul di lini masa ada balasan dari @drOei mengenai tes perkembangan anak.. awalnya @drOei menjawab pertanyaan dari seorang pengikutnya yang menanyakan perkembangan anaknya.. penasaran juga akhirnya ikutan buka link yang diberikan @drOei.. ternyata link itu mengarah ke sini.. disini membahas mengenai Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP).. di situ tertulis bahwa 

Formulir KPSP adalah alat/instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.


dan instrumen itu terbagi sesuai dengan usia anak yang akan di tes.. berhubung hari ini d'Ra berusia 17+ lanjut ke link yang menuju 18 bulan.. menurut link tersebut untuk usia anak lebih dari 16 hari maka dibulatkan keatas.. tapi per hari ini d'RA lebih nya 14 hari.. gpp mungkin ya ambil yang 18 bulan, soalnya instumen usia bawahnya 15 bulan.. selanjutnya muncul 10 pertanyaan yang dapat dijawab oleh orang tua atau pengasuh anak.. 

pertanyaan untuk 18 bulan
dan alhamdulillah dari 10 pertanyaan yang ada, jawaban bunda sebagai orang tua d'Ra adalah YA.. dan hasil dari interpretasi tersebut perkembangan d'Ra SESUAI dengan tahapan perkembangan alhamdulillah..

untuk anak dengan perkembangan SESUAI (S) menurut link tersebut menandakan bahwa 

  • Orangtua/pengasuh anak sudah mengasuh anak dengan baik. 
  • Pola asuh anak selanjutnya terus lakukan sesuai dengan bagan stimulasi sesuaikan dengan umur dan kesiapan anak. 
  • Keterlibatan orangtua sangat baik dalam tiap kesempatan stimulasi. Tidak usah mengambil momen khusus. Laksanakan stimulasi sebagai kegiatan sehari-hari yang terarah. 
  • Ikutkan anak setiap ada kegiatan Posyandu.


amin.. alhamdulillah.. insya Allah ayah bunda akan selalu mendampingi setiap perkembangan d'Ra.. terima kasih papakung, mamauti, mbahkung, mbahuti, mbah uyut yang sudah ndampingi d'Ra selama ayah bunda di kantor.. alhamdulillah d'Ra tahapan perkembangannya sesuai dengan usianya.. 

ayo belajar bersama d'Ra
coba lagi untuk usia d'Ra 21 bulan nanti.. 

semoga info ini bermanfaat dan mungkin ada yang minat mencoba.. silahkan langsung mengunjungi sini ya..



SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar