bersilaturahmi dengan dunia maya

internet, biasa dikenal dengan dunia maya.. pertama kali berkenalan dengan nya saat ku masih di bangku SMA. saat itu internet masih merupakan sesuatu yang baru bagi ku. warung internet (warnet) masih jarang, dengan tarif perjamnya juga masih lumayan. ku berkenalan dengan internet berawal dari rasa ingin tahu, ada apa sich di internet. buat email, trus chat, berkenalan dengan beberapa orang. menjalin silaturahmi dan persaudaraan dengan internet.


beranjak ke bangku kuliah, warnet sudah mulai banyak, biasanya di lingkungan kampus selain banyak kos-kosan, rental komputer, warnet juga mulai tersedia. tidak terlalu sulit untuk mencari fasilitas internet di kampus. mulailah beberapa dosen memberikan berbagai macam permasalahan. mencari referensi bukan lagi hanya dari perpustakaan. namun juga dari dunia maya, internet. selanjutnya internet bukan hanya buat chat, referensi untuk beberapa masalah juga dapat dicari alternatif penyelesaiannya lewat internet. pemberian tugas dari beberapa dosen ada juga yang melalui jasa beberapa website, atau juga melalui email yang dikirimkan langsung ke mahasiswa. mulai saat itu, aku punya satu email yang jadi main email yang selalu kugunakan selain beberapa email lain yang kumiliki.

saat itu, friendster jadi salah satu jejaring sosial yang sedang booming. awalnya kakak sepupuku mengajak ber-friendster ria karena dengan pengalamannya dia dapat bertemu dengan beberapa teman masa sekolahnya dulu. ikutan buat akun di friendster dengan harapan bisa bertemu dengan beberapa teman yang ada di tempat yang berbeda, teman sekolah, teman bermain, dan mungkin teman-teman baru.. menjalin persaudaraan dengan sesama. g rugi juga bergabung dengan friendster. aku menemukan beberapa teman lama-ku yang entahlah sudah berapa lama kita g bertemu. bercerita, berbagi pengalaman, dan semuanya. terkejut, senang saat ku menemukan satu persatu teman-temanku. tentunya dengan mereka yang mempunyai akun di friendster juga.

duduk di dunia kerja, internet jadi salah satu fasilitas yang diberikan di kantorku. ada beberapa hal yang mesti diselesaikan dengan internet juga. berkomunikasi dengan institusi lain, menjalin kerjasama, dan beberapa hal lain. dan disini juga lah aku pertama kali mengenal dunia blog. lihat beberapa teman yang asyik bercerita, berbagai pengalaman melalui dunia maya, bahkan dengan pengalaman dan ceritanya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang membaca. berharap demikian, mulailah nge-blog. walau masih jarang banget mengisinya. dan rata-rata ku isi dengan beberapa kisah dan pengalaman yang menurutku layak untuk dibagi dengan siapapun. entahlah sudah berapa banyak yang berkunjung di blog-ku, tidak begitu yakin awalnya, namun aku enjoy aja. blog sebagai diary online-ku. ku harap ku bisa tetap mengisinya dengan berbagai hal.

sekitar 3 tahunan ke belakang, aku memanfaatkan fasilitas dari HP yang kumiliki. lihat beberapa saudara sepupu asyik chating, berbagi cerita, membuatku ingin bergabung dengan mereka juga. melalui GPRS, memudahkan kita untuk chating via HP. dan chating via HP membawaku ke beberapa perubahan besar dalam hidupku.

sekarang, setelah friendster tidak lagi begitu booming, jejaring sosial beralih ke facebook. beberapa kejutan juga ku dapatkan dengan bergabung dengan facebook. bertemu kembali dengan beberapa teman lama, saudara yang di lain tempat, teman sekantor, dan banyak hal. silaturahmi dengan banyak teman dan saudara melalui internet. bahkan sekarang internet menjadi fasilitas untuk berkomunikasi dengan adikku yang sedang belajar di negeri paman sam. sungguh sangat membantu.

internet bagi ku sebagai sarana untuk menyambung tali silaturahmi dengan saudara, teman, relasi. menjalin hubungan, menjalin persahabatan, melihat dunia luar..


untuk detik yang berulang tahun.. happy birthday..

SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

2 komentar: