asi untuk d'Ra

sesuai dengan perintah Al Qur'an, pemberian ASI atau lebih dikenal dengan menyusui sangat dianjurkan hingga 2 tahun.

Berdasarkan rujukan utama tersebut, menyusui jadi impianku jika punya anak kelak. melihat beberapa bayi yang sedang asyik menyusu pada ibunya bagiku suatu keistimewaan tersendiri. Tatapan mata antara ibu dan sang anak sangat dalam dan begitu berarti. Ikatan antara mereka begitu istimewa. Aku bener-bener iri saat itu.

hingga alhamdulillah aku hamil di jelang 2 tahun pernikahanku. Penantian yang cukup lumayan. Berbagai pertanyaan bermunculan sebelumnya. 'kenapa kok belum?', 'ditunda ya mb?', 'kok duluan dia sich mb?' pertanyaan-pertanyaan itu bukan hanya sekali kuterima. Dan serin
g pula ku jawab dengan senyuman. Alhamdulillah dengan adanya pertanyaan-pertanyaan itu aku tahu banyak yang sayang aku. Aku tahu mereka semua perhatian dengan kondisi ku saat itu. walau sebenarnya risih juga kalo setiap saat harus menjawabnya. aku anggap mereka sambil bertanya sekaligus mendoakan aku untuk segera mengalaminya. Aku tahu Allah Maha Tahu segalanya. Dan Dia tahu waktu yang paling tepat bagiku adalah saat itu. Alhamdulillah Allah memberikan kepercayaan itu. Terima kasih Allah.

Menurut berbagai penelitian yang aku tahu (hasil berselan
car di dunia maya salah satunya) menyusui akan membangun ikatan yang tinggi antara ibu dan anaknya. dekapan dan tatapan seorang ibu saat menyusui anaknya sangat menyejukkan. Membuat sang anak nyaman saat berada dalam dekapan ibu.

Saat kehamilanku berusia kurang lebih 5 bulan, aku diberi kesempatan
untuk ikut talkshow tips dan trik menyusui yang diadakan oleh Jogja Parenting Community (JPC). Saat itu aku satu satunya peserta wanita yang belum pernah mengalami menyusui. Motivasi utama ku untuk ikut talkshow itu untuk belajar pada komunitas lain tentang berbagai hal mengenai menyusui. Bahkan suamiku kuajak sekalian untuk belajar bersama. Satu hal yang sangat kuingat saat talkshow itu bahwasanya menyusui merupakan satu siklus kehidupan yang tidak bisa dipungkiri lagi. Menyusui juga harus benar-benar diniatkan oleh sang ibu bahkan sebelum sang anak lahir. Jika si ibu mengandung seorang anak perempuan, maka sejak saat itu, saat mengandung, sang ibu pun mendidik dan mempersiapkan sang anak untuk menyusui juga kelak sang anak sudah memiliki keturunan. Subhanallah suatu yang mulia. Menunjukkan pendidikan bukan hanya kala sang anak sudah hadir di dunia. Sedini mungkin pendidikan itu dimulai. Dan menyusui juga butuh tim sukses. Maka dari itu bentuk tim sukses anda sejak dini dan utarakan niatan untuk menyusui jauh hari sebelumnya.

saat d'Ra lahir, alhamdulillah ASI untuk d'Ra sudah langsung keluar. d'Ra mulai minum setelah 6 jam kelahirannya. Saat itu hanya ada bunda, ayah, ma d'Ra. Ayah d'Ra bantu bunda untuk mulai menyusui. Sebagai or
ang tua baru saat itu perasaan takut dan was-was melanda. Gimana ya cara memulainya? Pengen banget manggil perawat untuk membantu. Walau akhirnya hanya ayah yang bantu bunda menyusui d'Ra. Berbekal teori yang dah dipelajari sebelumnya akhirnya ayah dan bunda praktekkan untuk d'Ra. Alhamdulillah d'Ra pinter banget menyusunya. d'Ra terlihat begitu menikmati setiap tetes air yang diteguknya. Kurang lebih setengah jam d'Ra minum. Setelah itu d'Ra pun melanjutkan tidurnya.

Melihat dan memegang d'Ra sesaat setelah kelahirannya sungguh menakjubkan. Seorang yang kecil, mungil, dan menggemaskan itu akhirnya hadir menemani hari-hari kami. saat pertama kali memberikan ASI untuk d'Ra perasaan
yang ada hanya takjub. terima kasih Allah atas nikmatMu yang begitu sempurna. Kulihat d'Ra begitu nyaman dan tenang dalam dekapan bunda. Ya Allah ini karuniaMu. Subhanallah, alhamdulillah.

Hari-hari pun berlanjut. Kehidupan baru bersama d'Ra dimulai. Setiap harinya selalu ada keajaiban. Hari ini sudah 6 bulan sejak kehadirannya. Alham
dulillah masalah menyusui hampir tidak ada. Semua berjalan dengan lancar. Berbekal pengetahuan dan pengalaman-pengalaman beberapa teman membuat perjalanan 6 bulan menyusui d'Ra dapat dilalui dengan lancar.

Alhamdulillah cita-cita bunda menjadikan d'Ra seorang sarjana ASIX (ASI ek
sklusif 6 bulan) tercapai. Selamat sayang semoga bekal awal 6 bulan pertama kemarin bisa menjadi dasar yang kuat dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Amin..

Dan terima kasih bunda sampaikan untuk Allah atas semua nikmat dan karuniaNya; untuk ayah, terima kasih atas dukungan yang luar biasa, ayah meyakinkan bunda mampu melalui semua ini, terima kasih telah menjadi breastfeeding father buat d'Ra perjalanan kita masih panjang yah, hingga d'Ra 2 tahun; buat mama uti, papa kung, mbah putri, mbah kung, mbah buyut terima kasih.. oh ya buat tante kiky makasih juga ya.. dah bantu bunda diawal-awal bunda belajar memerah ASI untuk d'Ra..

setiap waktu ilmu selalu berkembang dan menunjukkan kemajuan.. terima kasih juga buat milis asiforbaby, aimi, dan semuanya yang sudah berbagi cerita di dunia maya.. yuk jadikan semakin banyak anak-anak Indonesia
memperoleh ASI.. amin


sertifikat s1 ASIX diambil dari sini
SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

3 komentar:

  1. huaaa si pipi chubby anggotnya bude berpose :D selamat ya nak, semoga bisa sampai magister (ASI 2 tahun), hehe...

    **bude**

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk URP yang udah menyediakan tempat eksklusif untuk pumping. Hihi...

    Selamat ya d'Ra, lulus ASI eksklusif 6 bulan. Umh....senengnya.. Sehat terus ya nak...

    Bude, kok anonim to Dhe?

    BalasHapus
  3. @bude, bu ketua ecim ma cuklat untuk d'Ra dunk.. (bringit)

    @tt, hu uh kliwatan.. kalo disebutin satu-satu listnya jadi banyak banget dunk.. amin tante.. d'Ra sehat..

    BalasHapus