puasa (2)

lanjutan email teman kemaren...

AGAR PUASA TIDAK SEKEDAR LAPAR & DAHAGA - 2

Dr. A’idh Al-Qarni

 

 

Makna Puasa :

 

Puasa memiliki rahasia dan tujuan, tidak ada yang bisa mengetahuinya kecuali orang yang menghidupkan puasa dalam panas terik dan menghidupkannya dengan gembira dan amal saleh

 

Puasa adalah sarana dan jalan menuju takwa kepada Allah. Karena nafsu itu akan kalah dengan rasa lapar. Dengan demikian, ia akan bisa menapaki jalan menuju Rabb-nya. Puasa mengingatkan kita tentang orang-orang yang kelaparan karena kefakiran dan kemiskinan, yang tak pernah diketahui oleh orang-orang kaya. Jika kalian merasa lapar sebulan, maka ketahuilah orang lain telah merasa lapar selama berbulan-bulan.

Puasa memberi kesempatan untuk beribadah secara total. Karena jiwa itu setiap kali ia makan dan kenyang serta banyak minum, setiap kali itu pula ia berat condong ke tanah. Sebaliknya, ketika ia lapar dan dahaga, ia akan “pergi menuju langit”, menuju Allah yang Maha Hidup dan Maha Berkuasa.

 

Allah menganugerahkan rasa rindu, kenikmatan bermunajat, makrifah, doa, dan kedekatan. Sehingga datanglah perasaan bahagia menggantikan (fungsi) makanan dan minuman. Rasulullah bahkan menggantikan menu makan dan minum dengan tilawah al-Quran, bermunajat, berdoa dan beribadah kepada kekasihnya Allah Azza wa Jalla. Karena energi ruh itu adalah maknawi sedangkan energi tubuh itu adalah makanan dan minuman. Kekuatan ruh itu adalah ruh-ruh maknawi, bukan dengan makan ataupun minum.

 

Potret buram

 

Kebanyakan manusia tidak mengenal Allah kecuali pada bulan Ramadhan, Selama 11 bulan mereka berbuat jahat dan maksiat atau berpaling dari Allah. Jika mendengar Ramadhan telah tiba, mereka segera ke masjid, berpuasa, khusyuk, dan mengiba seakan-akan mereka bisa menipu Allah. Kemudian, bila Ramadhan telah berlalu dan mengenakan pakaian Hari Raya, ia tinggalkan dan putuskan (hubungan) dengan Rabb semesta alam dan kembali lagi pada keadaannya semula. Hal seperti ini ada kemiripan dengan bani Israel. Bila dibawah cemeti mereka tunduk dan takut; dan jika dilimpahi nikmat mereka menjadi sombong dan tidak bersyukur.

 

Bukankah Rabb bulan Ramadhan adalah juga Rabb bulan Syawal dan Sya’ban. Bukankah yang mengetahui rahasia dan yang disembunyikan dalam bulan Ramadhan Dia-lah yang mengetahui segala rahasia dan yang disembunyikan pada selain bulan Ramadhan

 

Maksud berpuasa adalah agar anda hidup dengan menjalani rangkaian shaum, waktu-waktu shaum, laparnya  dan dahaganya saat shaum, dan belajar bagaimana anda membersihkan jiwa anda, serta bagaimana membersihkan hati anda agar Allah menyelamatkan dirimu dari neraka.

forumpembacanebula@yahoogroups.com

SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar