kreatif

Liburan lebaran kemarin, aku mengantar adikku ke sebuah pameran yang harus mereka kunjungi sebagai tugas liburan lebarannya. Ternyata kegiatan itu memang telah dipersiapkan oleh guru-guru mereka. Terlihat dari pelaksana kegiatan itu adalah guru-guru mereka sendiri yang tergabung dalan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan kegiatan ini, guru-guru berupaya untuk memotivasi siswanya untuk lebih kreatif dan menuangkan ide dan kreasi sesuka mereka. Kegiatan pameran itu sendiri berlangsung di sebuah museum yang terletak di pusat kota, sehingga cukup memancing perhatian orang-orang yang lalu lalang di daerah itu.
Pameran itu berlangsung selama 2 hari. Dan selama dua hari itu, dipamerkan beberapa karya siswa-siswi SMP se-kota. Lumayan banyak karya yang ditampilkan. Mulai dari lukisan dengan berbagai macam media yang dipakai, hingga berbagai macam kesenian keahlian siswa. Dan untuk kesenian disediakan panggung terbuka di pusat kota sehingga masyarakat umum pun bisa menikmati pertunjukan yang disajikan. Untuk siswa-siswi yang lain, mereka diberi kesempatan untuk mencoba menganalisis hasil karya yang ditampilkan sesuai dengan jenis karya yang ada. Suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa-siswi yang ikut berperan serta dalam pameran ketika mempertunjukkan hasil karya mereka.
Kreatif juga ide dari guru-guru mereka. Mereka memberikan suatu bukti bahwa belajar tidak hanya dalam kelas, duduk dan mendengarkan. Belajar bisa dilakukan di mana saja, dengan metode apapun. Dengan mengadakan pameren seni, belajar pun bisa berlangsung. Kira-kira ide apa lagi ya yang akan muncul?
SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar