di luar rencana

setelah beberapa saat yang lalu, akhirnya kita telah memutuskan tanggal untuk perubahan dalam hidupku, ternyata ada hal lain yang mengiringi rencana kami. ya Tuhan punya skenario yang indah untuk kami. manusia hanya bisa merencanakan, namun keputusan akhir kembali pada Tuhan.

jum'at kemarin ada rapat dadakan banget di kantor. dan ternyata di undangan rapat yang disampaikan tersebut namaku sebagai salah satu peserta rapat yang diminta hadir tepat waktu. agenda rapat menyebutkan tentang persiapan workshop rintisan kerjasama luar negeri. yang terpikirkan saat itu hanyalah aku hadir duduk sebagai peserta rapat yang kemungkinan besar selanjutnya sebagai panitia dalam kegiatan workshop itu.

siang itu, akhirnya dengan tanpa perasaan apapun, tak ada prasangka sama sekali tentang agenda rapat hari itu, aku datang dengan harapan ada kegiatan baru niy. tanpa di duga dan disangka, ternyata dalam rapat itu kita dibagikan semacam formulir, yang harus kita isi. dan judul dari formulir itu menyebutkan bahwa itu merupakan formulir pengajuan paspor untuk perjalanan dinas. dalam hati bertanya. paspor?? untuk apa? tanpa pernah terbayangkan sedikitpun, dalam rapat disebutkan, bahwa formulir itu harus kita isi dan dikumpulkan sesegera mungkin untuk pengajuan pembuatan paspor perjalanan dinas. hah.. paspor? mau ke luar negeri donk. itu yang ada dalam benak ku yang pertama. ya ternyata kita dikumpulkan saat itu untuk mempersiapkan diri bahwa kita adalah beberapa orang yang terpilih untuk mengikuti program tersebut. ya itu ternyata program baru yang terdiri dari workshop dan magang. atas ijin Allah, ternyata aku mendapat satu tempat yang tak pernah kuduga sama sekali, aku diijinkan untuk mengikuti magang di luar negeri. malaysia tepatnya. Alhamdulillah, Allah baik sekali, disaat aku mengubur suatu keinginanku untuk dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri, ternyata Allah memberi jalan lain untukku mengikuti pendidikan singkat, magang di luar negeri. sesaat aku tersenyum bahagia mendengar pernyataan itu. namun setelah ku tahu berapa lama kegiatan itu akan berlangsung serta waktu yang diberikan untuk kami melaksanakan kegitan itu, banyak hal terlintas dipikiranku. 23 juni - 15 agustus.

2 bulan memang bukan waktu yang singkat. dan sebenarnya tidak menjadi satu permasalahan besar bagiku. namun, pelaksanaan kegiatan itu yang akhirnya membuat aku memikirkan banyak hal. 23 juni - 15 agustus. tanggal itu melewati satu tanggal yang telah aku sepakati dengan keluarga untuk meneruskan kehidupanku. melengkapi ibadahku pada Allah. g tahu dech. banyak hal yang kupikirkan. banyak yang terlintas, hingga aku pun sesaat merasa kacau untuk menghadapi semua ini. ingin rasanya aku membatalkan semua keputusan ini, namun aku juga tidak mau melewatkan kesempatan yang telah diberikan kepadaku sekarang. bimbang dan bingung yang aku alami. g tahu harus berkata apa dan kepada siapa aku bercerita tentang semua ini. misteri. dan hanya Allah yang tahu. berat rasanya aku menjalani semua ini, namun aku yakin Allah akan membimbing aku melalui semua ini dengan lancar.

-sebuah rencana indah yang Allah berikan untukku-
sudut ruangan kantorku

Komentar

Postingan Populer