stok dan media pemberian ASIP


seminggu setelah mulai memerah ASI, aku sudah mempunyai kurang lebih 12 botol ASIP.. alhamdulillah semuanya lancar.. tambah semangat memerah.. iseng buka freezer pengen lihat hasil ASIP setelah beku.. saat itu aku lihat beberapa botol ASIPku tidak membeku.. panik dech.. perjuanganku seminggu hilang begitu saja.. langsung telpon bunaff, saat itu kesimpulan yang kuambil suhu di freezer kurang dingin untuk ASIPku.. akhirnya aku sesuaikan suhu freezer..




beberapa hari setelah itu, aku ingin coba memberikan ASIP untuk latihan d'Ra menjelang masuk kerja.. setelah kucoba ASIPku kok rasanya asem ya, kecut, serasa aku mau muntah saat itu.. wah basi niy.. sedih juga kalo perjuangan semingguku sia-sia.. kembali bunaff menjadi rujukan utama kok bisa ASIPku asem ya jeng?? konselor laktasi dari Jogja Parenting Community, chat ma jeng estina juga.. saat itu kesimpulan yang diambil, kemungkinan sempat terjadi perubahan suhu yang mendadak bisa terjadi karena mati listrik yang cukup lumayan lama, so kulkas n freezer mati.. langsung dech ingat beberapa waktu sebelumnya sempat mendinginkan suhu freezer langsung.. n di dalam freezer ada beberapa botol ASIP.. wuih.. haruskah aku membuang semuanya?? saat itu ada sekitar 15-20 botol ASIP @100ml.. akhirnya aku putuskan mencairkan semuanya.. lalu acak aku ambil beberapa botol aku buka n coba icipi, ternyata ada rasa yang serupa, walaupun baunya g begitu menyengat.. akhirnya dengan berat hati aku membuang semua ASIP itu.. pikiran yang terlintas haruskah aku pakai sistem kejar tayang?? paling g seminggu.. aku harus yakin aku bisa.. alhamdulillah lingkungan masih mendukung keinginanku.. ambil aja hikmahnya aku masih belajar memerah, n aku yakin dapat ganti lagi nantinya..

setelah tragedi membuang beberapa botol ASIP yang berasa asam, aku lanjut lagi memerah.. dengan catatan saat itu g lagi-lagi mengubah suhu kulkas dengan drastis.. alhamdulillah semua lancar.. 

media pemberian ASIP untuk d'Ra pun dicoba beberapa macam.. berdasarkan referensi yang dibaca-baca, kebanyakan menyarankan untuk tidak menggunakan dot karena bisa saja memicu bingung puting.. awalnya coba pakai sendok.. beberapa kali mencoba g begitu berhasil.. kalo mo kasih ASIP mesti tahu waktunya yang tepat.. kalo pas haus banget n sambil nangis takut kalo tersedak.. akhirnya coba alternatif lain.. pengen pakai gelas sloki, tapi belum sempat beli gelas yang dimaksud.. akhirnya pilihan terakhir pakai dot.. mbah buyut-nya d'Ra yang bakalan nemenin d'Ra di rumah udah sejak awal lahir nanya dah diajarin pake dot blom?? ndakne kaget.. tapi karena dari awal g pengen pakai dot akhirnya belum juga ngajarin d'Ra baru nyoba kasih 4 hari sebelum masuk kerja.. untung aja di bungkusan kado untuk d'Ra ada 2 dot untuk dicoba.. sambil nangis-nangis n sesengukan, sedikit banget masuknya.. jadi bingung juga gimana ntar kalo ditinggal.. mesti tega beneran.. akhirnya sebelum ngantor resmi, d'Ra dicoba ditinggal pergi setengah hari.. dan hasilnya mau minum walau dengan nangis dan sesengukan..


dan akhirnya hingga sekarang d'Ra mimik ASIP pakai dot.. sempat coba beberapa merk dot.. alhamdulillah d'Ra cocok dengan dotnya drbrown.. sampai sekarang masih pakai level yang paling rendah.. pernah nyobain level kedua ternyata d'Ra g nyaman beberapa kali tersedak.. dan kembali lagi ke level premier.. alhamdulillah hingga saat ini d'Ra tetep mau mimik bunda..

#catatan perjalanan ASI untuk d'Ra

SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

3 komentar:

  1. d'Ra pinter punya mama pinter... :)

    BalasHapus
  2. sayang sekali ya gara-gara mati listrik jadi susunya asam.
    bun maaf sekedar sharing aja ya, D'Ra minumnya pakai botol? mudah2an gak bingung puting ya

    BalasHapus
  3. @jeng tt.. jadi malu.. *blush*

    @mb lidya-mama pascal.. iya mb pake dot.. Alhamdulillah hingga jelang setahun n sempat ditinggal dinas 2 hari tetap mau mimik nen mb.. awalnya pengen g pake dot, berhubung yang nemenin di rumah papakung ma mbah buyut ya jadinya pake dot, nipplenya sampe sekarang masih pake yang level buat newborn..

    BalasHapus