simpan ASIP


sejak hamil emang dah berniat mo kasih ASI buat d'Ra hingga 2 tahun.. setelah belajar beberapa hal tentang ASI dan ASIP, akhirnya memutuskan untuk mencoba.. kalo bunda-bunda di luar sana bisa, tentu ak juga bisa asalkan niat dan bener-bener berusaha.. amin..

setelah d'Ra lahir, siap-siap untuk mraktekkin ilmu yang baru.. yang utama sich media penyimpanan nya.. sharing dan cerita mengabarkan kalo media simpan bagusnya pake botol kaca.. ada beberapa alternatif botol kaca yang ditawarkan.. ada recycle botol bekas ada juga botol baru.. beberapa yang ku ketahui tu botol kaca tutup karet, botol ex UC 1000, botol ex selai.. sayangnya saat mo coba ilmu baru simpan menyimpan asip belum punya botol untuk menyimpan sama sekali.. saat masih hamil berpikiran 'ah botol mudah carinya, besok-besok aj nyetoknya'.. ternyata di luar dugaan.. emang segala sesuatunya mesti disiapkan bener-bener.. dan berburu botol ternyata g semudah yang ku duga.. huft..

perburuan pun dimulai.. liat di dapur ada 1 botol ex UC nganggur jd modal pertama.. maklum waktu itu yang ku mintai tolong belum ngeh botol seperti apa yang kumaksud.. langsung dech nunjukin seperti ini.. kebetulan papakung juga nyambi jualan beberapa macam produk kesehatan.. trus nanyain kalo ma botol madu gimana?? kalo emang botol kaca gpp dech.. ditunjukkin dech botol yang dimaksud, eh ternyata madu itu menggunakan botol ex UC juga buat kemasan.. wah cocok dech.. bisa dipake.. lumayan dah ada 2 botol..


tanya sana sini, kira-kira sapa ya yang punya botol kaca?? sempat terpikir nyari di pengepul botol gituh.. tapi dimana yah?? nyari alternatif beli online juga.. yang dipikirkan saat itu cari yang terdekat.. biar cepet sampai ajah.. hingga satu waktu papakung pulang bawa botol.. seperti ini bisa g?? dilihat lihat eh ternyata yang dibawa botol kaca tutup karet.. langsung dech semangat.. bisa banget niy pa.. dapat dari mana?? ternyata itu punya penjual ikan cupang di pasar, yang kebetulan masih tetangga di rumah.. pesen dech 10 botol saat itu dan akhirnya tambah lagi jadi 20 botol buat selanjutnya..

semula berpikir kalo 20 botol cukup lah, alhamdulillah Allah kasih kemudahan.. dan 20 botol itu perlahan pun terisi ASIP.. jeng esti nawarin beberapa botol miliknya yang udah g dipakai lagi.. alhamdulillah.. g nolak niy.. bs untuk memicu semangat memerah.. sambil tetap nanya sana sini kira-kira dimana bisa cari tambahan botol.. sampai akhirnya papakung nanya ke salah satu apotik, disana ditunjukkan beli ajah di pengumpul botol bekas di pasar beringharjo lantai 3.. dan alhamdulillah dapat disana.. beli 10ribu dapat 30 botol.. yak cukup dech untuk sementara stok botol-botol itu..

dan perlahan satu persatu botol pun berisi ASIP.. sambil sesekali seandainya menemukan botol bekas pun dibawa pulang.. ada temen yang minum, langsung dech 'nembung' botolnya.. jeng tt, yang waktu itu sedang beberes kos dan menemukan ada botol di kosnya dibawain ke kantor.. dan jadi bagian perjalanan ASIP d'Ra.. hingga satu waktu papakung sedang ikutan tour kelompok ngajinya ke jembatan suramadu, dan saat itu sedang istirahat di salah satu pom bensin.. lihat ada botol ex UC pun diambil dan jadi oleh-oleh special saat itu :D.. 

dan semua mendapat perlakuan yang sama.. direndam semalam pake pencuci piring, trus dibersihkan labelnya n dipastikan sudah tidak beraroma minuman.. kemudian di cuci pake cairan pencuci peralatan bayi hingga disteril satu persatu.. dan kesemuanya siap untuk diisi ASIP..

alhamdulillah semuanya dilancarkan Allah.. dan botol-botol itu perlahan berisi ASIP.. hingga aku perlu menambah lagi koleksi botol dengan kembali beli di pasar beringharjo untuk kedua kalinya.. alhamdulillah semuanya cukup untuk d'Ra..

dan masalah selanjutnya pun muncul... :D

#catatan perjalanan ASI untuk d'Ra
SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

4 komentar:

  1. waahhh,, luar biasa mbak Amini.. kelak insyaAllah membawa manfaat sharingnya.. setahuku pake botol kaca-nya you C-1000,, trus tutup botol minuman plastiknya apa gituu aku luppaaa..

    pengen jadi breastfeeding father yang baik kelak buat sang istri dan buah hati.. Keep sharing ya mbakk.. terima kasiiihhh :)

    BalasHapus
  2. ASI memang paling nyaman dan aman. Blog bagus kok gak diupdate jeng.
    Sayang lho, banyak manfaatnya kok ngeblog itu. Apalagi adsense juga bisa untuk blog bahasa Indonesia.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. @mb lidya, masalahnya ada di posting selanjutnya.. :D

    @rendra, ayo semangat.. siapkan diri untuk jadi breastfeeding father..

    @pakde Cholik, terima kasih pakde sudah berkunjung.. insya Allah akan di update.. hanya alasan klasik belum sempat.. :)

    BalasHapus