Ini isi tas ku

tulisan ini dah lama banget di draft.. masih cerita tentang #catatan perjalanan ASI d'Ra dan alhamdulillah d'Ra sudah lulus S3 ASI

Memutuskan untuk memberi ASI untuk d'Ra hingga waktunya menyapih tiba memang membutuhkan persiapan..persiapan mental dan berbagai peralatan tempur pun diupayakan..

Diawali dg belajar ASI lanjut belajar dari ibu-ibu hebat di luar sana, belajar dari teman-teman yang sudah dahulu mengalami, copy paste artikel, lanjut di print, dibaca dan didiskusikan dengan mas.. Alhamdulillah dimudahkan dan dilancarkan..

Setelah kembali ke kantor, ASI tetap berlanjut.. Botol-botol kaca sudah siap, ditambah dengan alat perang untuk pumping di kantor.. Dan ini isi tas ku..

Ini yang aku bawa
1. Pompa ASI
pompa ASI yang aku pakai sampai sekarang adalah pompa manual dari pigeon.. Sebenarnya ini bukan pompa pertama yang aku punya.. Pertama aku dibelikan pumpee freestyle breastpump.. Susah banget pakainya, bentuknya ada balon dan selang untuk menyedot, dan botol tampungan.. Balonnya tidak lunak, dan lumayan menguras tenaga untuk mendapatkan sebotol ASIP.. Lanjut chat dengan bunaff yang kemudian cerita kalau pompa seperti itu tidak disarankan untuk pompa ASI.. alasan sederhana karena tidak semua bagian dari pompa itu dapat dibersihkan dan disterilkan.. Kemudian disarankan untuk pompa manual yang bentuk tuas atau piston.. Aku lalu hunting artikel pendukung mengenai pompa ASI.. Hingga akhirnya aku memutuskan beli pompa manual.. Sepertinya lebih mudah.. Karena saat itu mbah buyut, simbah d'Ra tidak mengijinkan untuk pergi keluar, akhirnya minta tolong untuk dibelikan.. Hanya modal dua merk saat itu medela dan pigeon.. Setelah dibandingkan terutama masalah harganya..hehe.. Akhirnya pilihan tertuju ke pigeon manual breastpump.. Saat itu aku beli dengan harga 305rb.. Dan alhamdulillah sampai saat ini pigeon manual yang menemani hari-hari pumping di kantor.. hingga usia d'Ra jelang 9 bulan, kombinasi pumping manual ternyata lebih cepat..

isi tas ku

2. Botol Kaca
Botol yang aku pakai botol bekas minuman UC 1000 seperti yang sudah aku ceritakan disini.. Setiap harinya aku bawa 5-6 botol UC dari rumah.. alhamdulillah hasil pumping tiap harinya cukup untuk d'Ra.. Saat ini di usia d'Ra hampir 21 bulan aku juga masih pumping.. Botol yang aku bawa setiap harinya 3 botol, walau sudah tidak sebanyak dan penuh seperti saat pertama pumping, alhamdulillah masih mencukupi.. Alhamdulillah stok botol hingga saat ini mencukupi..

3. stiker label
Stiker ini dipakai untuk menulis nama d'Ra, tanggal perah dan jam memerah.. Fungsinya sebagai tanda mana ASIP yang harus dipakai dahulu, mana yang masih bisa dibekukan untuk stok d'Ra.. Aku pakai stiker label harga yang ukuran kecil.. Hingga saat ini sekitar 2,5 bendel aku pakai untuk label.. Tapi akhir-akhir ini sudah nggak pakai stiker.. Stok sudah kejar tayang, pompa hari ini untuk besok.. Jadinya stok beku pun sudah minim sekali.. Sempat habis, juga alhamdulillah masih ada 1,5 botol beku untuk persediaan.. Dan d'Ra juga semakin berkurang minumnya.. hingga sekarang stok beku masih ada 1,5 botol dan stok di kulkas bawah ada 1 botol..

4. Ice gel
aku pake Ice gel merk G-ICE, alhamdulilllah dipake seharian masih dingin, walo sampe rumah sudah mencair, tapi hawa dinginnya masih kerasa.. sehari-hari ada 4 Ice Gel yang aku pake, 2 ukuran besar dan 2 ukuran kecil. kalau posisi lagi dinas luar, biasanya semua terpakai. untuk antisipasi di tempat tujuan g ada kulkas n mesti balik malem.. jadi masih dingin sampe rumah, dan asi terselamatkan

5. cooler bag
cooler bag yang aku pake merk nya carter's.. beli di online shop pas promo.. 200rb untuk 2 cooler bag plus ice gel besar n ongkir ke yk.. awalnya pake cooler-nya dr brown punya jeng omietha, tapi pas kakak sepupu minta tolong dicariin coolerbag langsung berpikir kenapa g beli sekalian aja ya.. sekalian investasi untuk masa depan.. langsung dech beli saat d'Ra sudah usia 8 bulan.. 

kira-kira itu bawaan rutin sehari-hari kalo ngantor selain tas punggung.. jadi kalo kemarin-kemarin ketemu nenteng 2 tas, bisa dipastikan satunya lagi cooler bag yang isinya seperti di atas itu.. kalo sekarang karena d'Ra sudah 2 tahun tas yang dipake cuma 1 aja.. saat ini cooler bag-nya tergantung di dekat freezernya d'Ra di sudut rumah..

oleh-oleh ASIP untuk d'Ra

dan alhamdulillah semua perangkat perang ini menemani keseharian ku ke kantor hingga 2 minggu jelang d'Ra usia 2 tahun.. terima kasih semuanya.. dan sekarang waktunya membersihkan semuanya dan disimpan dengan baik hingga nantinya dipakai lagi entah kapan.. :)

Komentar

Postingan Populer