cerita di hari lebaran

pagi itu, suara takbir bergema berkumandang dari berbagai penjuru tempat, pagi itu, umat Islam bergembira , merayakan saat kemenangan tiba, setelah satu bulan berpuasa.. pagi itu umat Islam beramai-ramai menuju lapangan, masjid dan tempat-tempat yang melaksanakan sholat ied..

pagi itu aku berangkat ke lapangan dengan keluargaku.. kebetulan suamiku dimintai tolong untuk njemput khatib.. sampai di lapangan sudah lumayan ramai.. dari pada cuma bengong dan duduk manis, ikutan mbantu atur shof sholat supaya rapi dan g ada bolong-bolong, kebetulan beberapa tahun terakhir ikut berpartisipasi juga..

selesai sholat, kembali ke rumah masing-masing, kebiasaan di tempatku, setelah sholat kita berkumpul di masjid, kemudian bermaaf-maafan dengan semua warga.. ramai, banyak yang mudik, ketemu teman lama, teman jauh, dan semuanya..

selesai di masjid kembali ke rumah, kali ini aku ke rumah mertuaku dulu. maklum sudah menikah, jadi ikut suami dulu lah.. bermaafan dan mengucap selamat lebaran ke orang tua dan adik-adik suami-ku.. setelah itu langsung pulang ke rumah, dan bekumpul di rumah nenekku.. sudah ramai di sana anak-anak dan cucu-cucu nenekku berkumpul.. makan ketupat bersama.. dan tradisi tahunan di mulai..

setelah selesai, semua berkumpul di ruang tamu.. beberapa dari kita menyiapkan salam tempel yang memang rutin diberikan setiap tahunnya.. dan mereka yang masih kecil dan masih bersekolah mendapat bagian mereka masing-masing.. kali ini lebih ramai dan meriah, karena bukan hanya satu atau dua kali mereka mendapat bagiannya. hampir semuanya telah menyiapkan salam tempel dan siap dibagikan.. seru banget.. sampai harus berbaris dan mengantri seperti menunggu bagian.. bukan hanya mereka yang dapat salam tempel yang membentuk barisan, bahkan mereka yang membagikan salam tempel pun berbaris berjajar, jadinya g ada keributan dan semuanya bisa dapat.. seru juga lebaran kali ini.. semakin ramai saja setiap tahunnya.. selalu ada kisah..

lebaran ceria, penuh cerita dan banyak kisah, semua berbahagia menikmati hari kemenangan, semoga kita semua benar-benar kembali fitri dan menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.. amin..

SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar