puasa pertamaku

sudah masuk pertengahan Ramadhan.. alhamdulillah puasa tetap lancar dengan masih menyusui d'Ra ku yang hampir 21 bulan usianya.. walau kemaren sempet sakit PD yang kiri..alhamdulillah hanya sehari-semalem selanjutnya lancar... semangat jelang S3 ASI untuk d'Ra ku..

bicara Ramadhan yang jelas berpuasa.. kenangan pertama kali belajar puasa.. usia ku saat itu masih sekitar 5 tahunan, tepatnya masih TK.. mama n papa (mamauti n papakung nya d'Ra) mengajarkan puasa pertama kali saat itu.. 

sahur sambil merem-merem.. ngantuk beraat.. tetep makan disuapin.. setelah makanan masuk merem lagi.. lanjut makan lagi.. begitu seterusnya.. sampe makanan habis, minum, n lanjut tidur lagi.. hehe.. bangun sholat shubuh lanjut tidur lagi.. bangun lagi, setelah jam mau sekolah..

di sekolah main-main ma teman seperti biasa.. saat itu belum banyak temen yang ikut puasa juga.. tapi aku tetep lanjut puasa.. ada motivasi tersendiri saat itu kalau tetep puasa.. pulang sekolah sebelum dhuhur.. sampe rumah masih seperti hari-hari biasanya.. jelang dhuhur dan waktu berbuka tiba.. seneng banget akhirnya bisa makan.. berbuka, makan siang, minum air putih, lanjut puasa lagi..

setelah buka di waktu dhuhur, masih seger lah.. dhuhuran, lanjut main-main seperti biasanya.. kalo dah bosen maen biasanya mama ngajak aku dan adekku (terpaut 3 tahun) tiduran di kamar, sambil cerita macam-macam.. mengalihkan perhatian untuk tetap puasa.. kalau kerasa lapar bilang ma mama "aku lapar ma, tapi aku mau puasa".. kalau dah gitu mama jawab "ya sudah kalau mau puasa ya ditahan dulu laparnya.. atau tidur siang dulu.. nanti bangun seger.. tinggal nunggu bentar sudah magrib".. dan biasanya berakhir dengan tidur siang..

setelah tidur siang.. sore tiba, waktunya mandi.. nah pas mandi gini biasanya dilama-lamain main airnya.. seger jadi g kerasa lapar.. 

dan akhirnya menjelang magrib tiba, sudah duduk rapi di ruang makan, dengan makanan berbuka sudah tersedia di meja, semuanya dilihat diincar mana yang mau dimakan, dan berakhir dengan ngicip semua yang ada di meja.. hihi.. laper banget ya...


dan semuanya itu berlangsung selama sebulan penuh.. biasanya di hari terakhir Ramadhan, mama n papa ngasih tantangan sanggup g puasa sehari di hari terakhir.. dan aku menyanggupi dengan catatan khusus.. dan permintaanku diterima.. hihi seneng banget..


satu hal yang jadi motivasi awal belajar puasa saat itu sich mama n papa ngasih imbalan khusus kalo mau puasa, apalagi hari terakhir bisa puasa full.. waktu itu mama ngasih hadiah.. hadiahnya pun bervariasi setiap tahunnya.. beberapa yang jadi motivasi puasa saat itu adalah mainan masak-masakan, jam tangan, baju baru, rukuh baru macem-macem lah.. makanya biar laper tetep bilang mau puasa.. hihi.. dan itu berlangsung hingga akhirnya aku bisa puasa sehari full dan hadiah-hadiah ramadhan itu pun hilang dengan sendirinya..


kemarin juga sempat diskusi ma mas, rencana ngajarin puasa untuk d'Ra.. walau sekarang masih 21 bulan, tapi tetap dipersiapkan.. kemungkinan skenario untuk d'Ra nantinya bakalan sama.. hihi..


itu kisah puasa pertama ku.. kisah teman yang lain gimana?? kisah d'Ra nantinya gimana ya??


SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

2 komentar:

  1. hihihihihi, sama kayak ak waktu baru belajar puasa...diiming-imingi hadiah rp 1.000/hari kalo puasanya gk bolong....:)))
    makasih ya mak udah ikutan #GABlogEmakGaoel...tunggu pengumumannya 4 agustus ya... :)

    BalasHapus
  2. sepertinya cerita puasa masa lalu mirip ya mak.. walo g menang yang penting happy.. :)

    BalasHapus