uang kertas

lebaran tiba, tradisi memberi uang saku untuk anak-anak pun mengikuti.. Uang saku yang diberi pun special.. Special karena biasanya uang yang diberikan berupa pecahan kecil dan cetakan baru.. Tak jarang anak-anak menanti momen itu.. Seperti adek sepupuku yang pernah kuceritakan dulu disini..

Biasanya orang tua, atau yang sudah bekerja mempersiapkan uang saku itu.. hal ini berakibat ramainya penukaran uang hingga jelang lebaran tiba.. Berdasarkan pengalaman pribadi, di hari biasa untuk menukar uang tidak begitu ramai.. Namun bila ramadhan menjelang hingga hari H lebaran tiba, penukaran uang pecahan kecil cetakan baru semakin ramai.. bahkan harus mengantri..

Tahun kemarin aku sudah mengantisipasi saat jelang ramadhan.. Keluarga dan saudara yang mau menukar uang pecahan kecil juga sudah dikabari.. Sehingga saat itu, sempat beberapa kali ke bank untuk menukar uang.. Tapi kali ini sama sekali g sempat untuk mempersiapkan sejak awal.. untungnya di kantor juga menyediakan penukaran uang.. Dan alhamdulillah mencukupi..

Beberapa hari jelang libur lebaran, alhamdulillah ada pelunasan honor kegiatan beberapa bulan yang lalu.. Dan ternyata diberikan dalam bentuk pecahan kecil dan merupakan cetakan baru.. kebetulan sekali adekku lagi butuh.. Alhamdulillah dimudahkan tahun ini..

Namun ada satu yang menarik perhatianku, pecahan-pecahan kecil uang itu disusun dengan diberi "steples".. Setelah aku tanya katanya untuk mempermudah menghitung.. Aku jd ingat tentang bagaimana sebaiknya menyimpan uang.. Dalam hal ini agar mempertahankan bentuk fisik uang itu tetap bagus..

cari-cari info, sampai akhirnya aku dapat disini tentang mengenal rupiah.. ada beberapa kriteria menyebutkan uang layak edar atau tidak layak edar 

kriteria uang kertas rupiah

kualitas rupiah layak edar

jujur sich kadang aku juga masih suka melipat uang kertas, bahkan kadang masuk ke tas atau dompet begitu saja.. Dengan kondisi terlipat-lipat.. Tapi untuk "menyetlepes" uang sebisa mungkin diminimalkan.. saat ini jika mau membendel uang kertas lebih suka kalau diberi sabuk kertas.. Terlihat lebih rapi dan rata.. Tidak ada bagian menonjol..

Semoga ini bisa menjadi pengingat dan mencoba menghargai uang kertas.. 

Selamat idul fitri temans.. maaf lahir batin ya.. :)

sumber disini... 
SHARE

Amini Mustajab

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar